JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-24


Dewi Laksanawati, S.Pd.I.

SD IT Menara Fitrah Indralaya, Ogan Ilir Sumatera Selatan

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, akhirnya jurnal refleksi yang ditulis ini adalah jurnal refleksi terakhir. Ma syaa Allah gak nyangka bisa mengikuti PGP ini sampai modul terakhir.  Untuk jurnal terakhir ini saya ingin mengekspresikan perasaan saya setelah mengikuti dan menyelesaikan 3 modul PGP. 

Di awal mengikuti PGP rasanya capur aduk, seneng karena lulus ilkut seleksi dan khawatir juga dikarenakan takut tidak bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai, karena saya merasa jadwal yang padat dan kesibukan-kesibukan lainnya. Tapi setelah sampai di modul 3 ini  ada rasa tidak percaya bisa sampai di akhir. Apalagi dengan perjuangan yang tentu tidak mudah, banyak hambatan-hambatan lain yang menghambat. Tapi sekali lagi bersyukur banget. huhuhu. 

Menurut saya PGP ini adalah prgram yang luar biasa, dengan materi-materi yang sangat menarik dan efisien untuk para guru-guru pembelajar. Saya ingat di awal modul 3.1 saya mendapatkan modul terkait dengan filosofi Ki Hajar Dewantara (KHD) tentang pendidikan, luar biasa sekali. "ing ngarso sung tulodo,ing madya mangun karso, tut wuri handayani" menjadi salah satu slogan yang tidak terlupakan. Sebagai guru slogan tersebut sudah sangat jelas, bahwasanya guru itu mejadi modal utama dalam mendidik dan mengajarkan kepada peserta didik. Ditambah dengan mater-materi lainnya yang sungguh sngat berkaitan. Diantaranya adalah : 
  1. Filosofi KHD
  2. Nilai & Peran guru penggerak
  3. Visi Guru Penggerak
  4. Budaya Positif
  5. Pembelajaran Berdiferensiasi
  6. Pembelajaran Sosial & Emosional
  7. Coaching
  8. Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
  9. Pemimpin dalam Sumber Daya
  10. Dan Pengelolaan Program yang berdampak kepada murid
Materi-materi di atas sangat bagus sekali dan saling berkaitan antar satu materi dengan materi lainnya, bahkan di LMS juga ada kegiatan yang disebut dengan "Koneksi Antar Materi", ini sungguh keren, bagaimana CGP diarahkan untuk terus mengaitkan materi yang dipelajari dengan materi-materi sebelumnya. Sehingga CGP tidak lupa akan materi pada moduk-modul sebelumya. Selain KAM yang bagi saya sangat menarik adalah kegiatan "Aksi Nyata" baaimana kegiatan ini bertujuan materi dari modul-modul yang sudah dipelajari dapat diimlementasikan dan langsung dipraktikan baik untuk diri sendiri, sesama CGP, bahkan diaplikasikan di sekolah cgp masing-masing.  Rasanya masih kurang untuk mendapatkan ilmu-ilmu seperti ini, masih banyak yang harusnyya guru dapatkan agar pendidikan di Indonesia bisa maksimal. 

Bagi saya setelah mempelajari modul terakhir ini tentang "Pengelolaan Program yang berdampak kepada murid", saya mulai berfikir bahwasanya sekolah seharusnya membuat program-program yang dapat meningkatkan dan berguna bagi murid. Sesuai dengan filosofi KHD yang menatakan bahwa "menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat". 

Dari kutipan di atas bisa diperhatikan bahwa yang dimaksut menuntun adalah sesuatu yang bisa dipelajari, diingat dan diaplikasikan oleh murid baik di masa sekarang, nanti dan masa yang akan datang. Oleh sebab itu pentingnya program yang dapat menunjang hal-hal tersebut. 

Untuk itu sebagai CGP yang telah mengikuti PGP dan mempelajari materi-mateeri yang menambah pengetahuan, ini mengharuskan bahwasanya saya harus bergerak, mengajak dan membuat perubahan yang tentunya dimulai dari diri sendiri. Inilah salah satu fungsi aksi nyata di LMS. Tentunya saya tidak dapat melakukan hal seperti ini sendirian, saya perlu dukungan-dukungan yang menunjang seperti dukungan KS, lembaga, keuangan, serta aset-aset pendukung lainnya. 

Besok adalah kegiatan Elaborasi pemahama, semoga dengan dikuatkan melaluikegiatan tersebut saya semakin faham baik secara teori dan aplikasi. Saya harap saya bisa belajar banyak dari kegiatan Elaborasi Pemahaman besok agar saya bisa memahami materi dengan lebih baik lagi. Saya juga akan mencari tahu bagaimana saya bisa menjaga semangat/motivasi diri saya selama pembelajaran. Dan semoga segala ilmu yang didapat bisa berguna untuk saya dan orang lain. Aaamin. 

Semangat !!!

Komentar