3.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang berdampak pada murid.

Assalamu'alaikum,wrwb.

Alhamdulillah setelah lebih kurang 1 minggu (14 Maret-22 Maret) mempelajari modul ini, banyak sekali hal-hal menarik yang saya dapatkan. Diataranya adalah :
  • Mulai dari diri
Pada bagian ini saya diajak untuk mengingat-ingat kembali pengalaman saya selama di sekolah dulu memlalui pertanyaan sederhana seperti tentang program apa yang pernah saya ikuti, peran saya pada saat itu, perasaan saya, kesan yang dirasakan sampai kepada efek dari program tersebut bagi kehiduoan saya sekarang. Menurut saya pertanyaan tersebut sangat menarik, saya baru menyadari bahwa program yang saya ikuti sangat berpengaruh besar terhadap saya. 
  • Eksplorasi Konsep
Tahap ini menurut saya selain menarik adalah menjadi salah satu peran utama dalam modul ini. Why? karena materi penjelasan dimulai dari EK ini, bagaimana saya ditarik untuk membaca setiap materi yang disajikan mulai dari pembukaan-penutup. Saya dapat pengetahuan-pengetahuan yang dapat membantu saya, selain itu juga yang saya sangat suka adalah saya membaca intisari-intisari teman cgp lainnnya sebagai bahan diskusi, ada pengalaman menarik yang disajikan.
  • EK - Forum Diskusi
Nah di Forum diskusi ini yang mulai mmebuat saya berfikir dan mengaitkan materi dengan kegiatan sekolah yang ada, jadi pada materi ini kami berkolaborasi dengan teman memutuskan apa program apa yang akan dijadikan bahan diskusi, lalu dengan kesepakatan bersama kami membuat sebuah poster program dari sekolah saya, dengan begitu ternyata dari program saya tersebut sngat diminati oleh teman cgp lainnya. dengan muncunya pertanyaan, tanggapan positif samapai saranpun ada. 

  • Ruang Kolaborasi - Kelompok Mandiri 

Salah satu kegiatan yang sangat saya sukai adalah RK. Disini bener bener harus memahami bagaimana menyatukan pendapat yang berbeda, kekompakan kelompok dll. Sehingga sangat menarik dan dirindukan

  • Ruang Kolaborasi - Presentasi Kelompok
  • Setelah saya mendengar dan berdiskusi dengan kelompok, tibalah saatnya untuk dipresentasikan, selain mempresentasikan tugas kami, kami juga mendengarkan presentasi dari kelompok lain yang tentuya menambah pengetahuan baru dan ide ide baru terkait program yang diangkat dan akan dikembangkan. 

    Dari hal-hal menarik di atas Hal yang mengejutkan ditemukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid dimana banyak hal-hal baru yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid, diantaranya:

    ·       Bentuk-bentuk program sekolah yang menarik dan bisa dimanfaatkan secara efektif.

    ·       Membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid dan juga membentuk rencana program yang berdasarkan tahapan BAGJA.

    ·       Pengelolaan Program dengan strategi MELR dan Manajemen Risiko.


      Dengan begitu Perubahan yang akan saya lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini tentunya saya akan melakukan beberapa perubahan dalam membuat suatu program, yaitu: dapat mnegmbangkan lebih maksimal terhadap program-program yang ada, merencanakan kembali program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA dan mengevaluasi program-program yang ada tujuan yang lebih spesifi. 


      Bagi saya Hal yang menantang adalah bagaimana program tersebut dapat berkembang, maksimal dan terus dievaluasi sehingga program yang dibuat akan berdampak pada murid selain itu juga harus mempertimbangkan karakteristik lingkungan untuk dapat menunjang keberhasilan suatu program dan juga hal yang sangat menantang mengoptimalkan komunitas praktisi dalam menjalankan program yang berdampak pada murid. 


        Adapun Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid diantaranya yaitu.

    ·       Kepala sekolah

    ·       Rekan guru / Teman Sejawat

    ·       Siswa

    ·       Masyarakat (orang tua murid)


    Demikianlah refleksi pada modul 3.3 ini. Semoga materi ini bermanfaat bagi saya sendiri, prang lain dan tentunya bagi sekolah saya. 

    Komentar